Health

Para Penderita Disabilitas Harus Melakukan Persiapan Ekstra Sebelum Liburan

Kesibukan sehari-hari dengan rutinitas yang berulang-ulang menjadikan banyak orang merasa stres dan bosan. Hal inilah yang mendorong mereka untuk berlibur ke suatu tempat wisata untuk menyegarkan pikiran mereka kompasiana. Tentu saja para wisatawan harus melakukan persiapan yang cukup supaya mereka dapat berlibur dengan tenang, aman, dan nyaman. Namun, jika anda adalah seorang penyandang disabilitas, ada beberapa persiapan ekstra yang harus anda lakukan. Oleh karena itu, untuk membantu anda, kami akan berbagi beberapa tips yang dapat membantu anda melakukan persiapan perjalanan liburan anda dengan baik.

Inilah tips persiapan liburan ekstra untuk para penderita disabilitas:

Periksalah kondisi kesehatan anda terlebih dahulu

Meskipun anda sudah terbiasa bekerja dan berpergian dengan kondisi anda saat ini, bukan berarti anda bisa mengabaikan kondisi kesehatan tubuh anda. Kegiatan berwisata akan sangat menghabiskan energi anda. Oleh karena itu, anda harus dalam keadaan sehat dan prima sebelum anda pergi mengunjungi suatu tempat wisata. Anda harus berkonsultasi dengan dokter anda sebelum anda memutuskan untuk melakukan perjalanan wisata baik dengan teman, keluarga, atau rekan kerja anda.

Pilihlah kawasan objek wisata yang aman bagi penderita disabilitas

Jika negara anda memiliki banyak sekali kawasan objek wisata dengan keindahan yang berbeda-beda, wajar saja jika anda merasa sangat senang ketika anda sedang memilih tempat mana yang ingin anda kunjungi. Namun anda harus memikirkan kembali kondisi fisik atau mental anda, supaya anda dapat memilih kawasan wisata yang akan anda datangi dengan bijak. Pilihlah kawasan objek wisata yang aman dan ramah terhadap kaum disabilitas. Selain itu, pilihlah tempat dan tanggal yang dapat memungkinkan anda untuk menikmati liburan anda tanpa harus berdesakan dengan terlalu banyak turis lainnya. Dengan begitu, anda bisa menikmati liburan anda di tempat wisata tersebut tanpa merasa terganggu sama sekali.

Kabarilah pihak pengelola kawasan wisata tersebut tentang kondisi anda

Anda harus mencoba untuk mengabari pihak pengelola kawasan wisata tersebut tentang kondisi anda sebelum anda berangkat kesana. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan pihak pengelola objek wisata tersebut untuk menerima anda. Selain itu, jika ternyata mereka memiliki fasilitas khusus para penderita disabilitas, hal ini bisa membuat anda merasa tenang selama perjalanan anda menuju tempat tersebut.